SMART-DUG bedug pintar penanda waktu sholat

Sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib umat islam di seluruh dunia. Dalam menentukan waktu sholat berbagai kemudahan-kemudahan diciptakan untuk membuat manusia lebih praktis dalam segala hal termasuk dalam beribadah khususnya shalat fardu. Saat ini kita mengetahui banyak sekali diterbitkan jadwal waktu shalat dari berbagai instansi maupun organisasi antara lain; Departemen Agama, PP Muhammadiyah, PP Persis, PP Nahdatul Ulama (NU) dsb. Namun kesemuanya tidak dapat dilepaskan dari kaidah yang sebenarnya digunakan untuk menentukan waktu shalat yaitu “Pergerakan Matahari ” dilihat dari bumi. namun khusus di indonesia terdapat budaya unik sebagai penanda waktu sholat telah tiba, yaitu menggunakan bedug.

smartdug

Bedug merupakan simbol akulturasi budaya islam dan budaya nusantara , sejak zaman wali songo bedug digunakan sebagai penanda waktu sholat telah tiba dan memanggil msyarakat untuk segera menunaikan sholat 5 waktu.

 

Seiring bergantinya zaman dengan kemajuan teknologi berupa mikrofon , eksistensi bedug sebagai penanda waktu sholat yang telah mengakar dan menjadi symbol budaya masyarakat islam di indonesia mulai hilang ,padahal sebagai penanda dan pemanggil waktu sholat bedug sudah menjadi tradisi dan keunikan tersendiri dalam mengisi budaya islam di indonesia.Kemudian dengan kemajuan teknologi penentu waktu sholat tidak hanya berdasarkan bayangan atau posisi matahari namun juga menggunakan pendekatan letak geografis ,waktu (tanggal) dan ketinggian lokasi. Data-data tersebut sekarang dapat diperoleh dengan teknologi Global Positioning Unit (GPS) dan RTC (Real Time Clock).

 

Dengan teknologi tersebut penentu waktu sholat menjadi lebih akurat. namun tentu saja kemajuan teknologi penentu waktu sholat dan teknologi mikrofon menjadikan simbol budaya islam di nusantara menjadi semakin langka di masyarakat. Padahal bedug merupakan warisan budaya yang patut di lestarikan sebagai simbol akulturasi dan toleransi islam yang rahmatan lil alamin yang dibawa oleh para wali penyebar agama islam di tanah nusantara. Oleh karena itu dengan latar belakang melestarikan bedug sebagai simbol akulturasi budaya islam di nusantara dalam memanggil umat untuk menunaikan ibadah wajib sholat lima waktu , maka kami berinisiatif mengkolaborasikanya dengan sentuhan teknologi.

 

 

       Adalah SMART-DUG, bedug pintar kombinasi bedug tradisional dengan teknologi GPS,RTC sebagai penanda waktu sholat dan teknologi stick robot arm sebagai pemukul bedug otomatis. Menjadikan bedug sebagai sarana menumbuhkan kembali budaya pemanggil waktu sholat di nusantara melalui sentuhan teknologi, serta diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan sholat 5 waktu secara tepat waktu dan berjamaah melalui pendekatan budaya seperti tujuan pertama kali bedug diciptakan oleh para waliallah. Amin ya robal alamiin.

karya mas Muhammad Fauji alumni D3 Elektronika  PENS (POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA ) ANGKATAN 2012

bagi anda yang berminat tentang makalah    ,scematic dan literatur pembuatan project ini silakan hubungi kontak admin kami

 

Posted on March 12, 2016, in Elektronika, Hardware, Inovasi Teknologi, Project, Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: