Cara Meng Copy Scematic Group Rangkaian Antar Jendela Eagle

Eagle merupakan software untuk merancang rangkaian elektronik (atau istilahnya kerennya scematic) yang nantinya akan dicetak ke papan PCB. PERLU DI KETAHUI BAHWA EAGLE khusus untuk merancang desain tata letak komponen ,jalur / route , yang nantinya akan dibuat papan PCB (PAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIK) jadi tidak seperti proteus yang merupakan software simulasi rangkaian elektronik ( untuk menguji rangkaian ,mengukur arus /tegangan, menghitung kecepatan motor atau mensimulasikan suatau rangkaian digital) walaupun sebenarnya proteus selain untuk mensimulasikan rangkaian elektronik proteus juga dilengkapi fitur untuk merancang desain tata letak komponen seprti eagle namun saya saranakan menggunakan eagle saja. Karena menggunakan eagle lebih mudah dan ringan namun juga lengkap untuk bahan belajar atau industri sekalipun.

Jadi kesimpulanya kalo mau khusus desain ya menggunakan eagle n klo mau simulasi menggunakan proteus.

Ok disini kita tidak bahas teorinya langsung praktik saja , seringkali ketika kita sudah membuat rangkaian scematic X menggunakan eagle dan men save nya kemudian kita membuat lagi sebuah rangkaian scematic Y yang lain namun tiba-tiba kita Ingin menambahkan rangkaian scematic X untuk digabung dengan scematic Y . JADI DARIPADA REPOT-REPOT membuat lagi lebih baik kita meng copy paste rangkaian scematic x tadi ke dalam scematic y. Mungkin kedengaranya sederhana namun ternyata ada beberapa teman-teman yang tidak tahu cara mengcopy paste scematic rangkaian antar jendela eagle, saya tidak tahu kenapa mungkin karena pada eagle versi 5.0 atau 6.0 fasilitas copy paste tidak ditampilkan secara default karena freeware atau kadang sudah ditampilkan namun error karena belum di crack atau settinganya. Namun disini saya menggunakan versi terbaru 7.2.0 yang tampilanya berbeda dengan versi 6 atau 5 dan fasilitas copy paste nya ditampilkan secara default

Berikut caranya

  1. Buat group

Pertama buat group rangkaian yang akan di copy dengan Klik icon group kotak seperti pada gambar dibawah (ditunjukan anak panah merah)

1

 

 

 

 

 

  1. Drag rangkaian yang akan dicopy seperti pada gambar dibawah ini .(contoh disini saya mengcopy rangkaian regulator power supply pada suatu scematic minimum system)

2

 

 

 

 

 

  1. Setelah di drag maka group rangkaian sudah di buat dengan ditandai tampilannya yg bersinar . kemudian langsung klik kanan pada salah satu komponen group – kemudian klik copy.

(pada saat di klik kanan komponen group rangkaian harus dalam keadaan bersinar seperti gambar dibawah ini)

3

 

 

 

 

 

  1. Setelah di klik copy maka rangkaian group tidak akan bersinar lagi dan anehnya ketika cursor di geser yang tercopy malah salah satu komponen group bukan keseluruhan? Namun jangan khawatir langsung tekan esc saja pada keybord.
  2. Kemudian ulangi langkah copy dengan klik kanan salah satu komponen group namun kali ini akan muncul pilihan copy group, jadi klik pilihan copy group seperti pada gambar dibawah ini:

4

 

 

 

 

 

6. Bila sudah buka jendela eagle baru yang akan di paste rangkaian group power supply

7. Bila sudah klik icon paste yang ditunjukan panah merah seperti pada gambar dibawah ini:

5

 

 

 

 

 

  1. Dan taraaammmmmm !!!!!! group rangkaian power supply yang kita copycan tadi sudah tercopy. Dan kita gk perlu buat ulang lagi.

6

 

 

 

 

9. Terkadang terdapat error , solusinya coba ulang langkah –langkahnya dari awal atau mungkin value / name komponen ada yang sama dengan name komponen rangkaian lain pada jendela eagle baru .(bila group rangkaian di copycan ke jendela baru eagle yg sudah terdapat rangkaian lainya ) solusinya akan ada pemberitahuan otomatis untuk mengubah name komponen

Sekian terima kasih… semoga bermanfaat.

Posted on September 28, 2015, in Elektronika, Software and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: