RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL IRIGASI CERDAS TENAGA SURYA UNTUK MENGATASI KEKERINGAN PERTANIAN CABAI DI PEGUNUNGAN BLITAR SELATAN

DSC_0232Sebuah karya ilmiah 4 mahasiswa PENS Wahyu Irfan Bashori,Wahyu Maulana Ziwangga,Azwar hamid JP dan Ahmad abdul rohim  berhasil mengantarkan mereka menjadi finalis Innovation technology (INTEC) 2014 di Universita Negeri  Yogyakarta (UNY). karya tersebut berupa konsep desain

teknologi irigasi tetes (drip irrigation ) yang memanfaatkan tenaga surya sebaDSC_0221gai sumber dayanya, karya ini juga sempat masuk nominasi 5 besar finalis AEC (Alternate energy competition) di ITS surabaya. bagaimana desain dan konsepnya silakan disimak abstraksinya berikut ini: 

 

 

 

DSC_0247Alhamdulillahirobbilalamin kami ucapkan atas selesainya karya tulis yang berjudul sistem kontrol irigasi cerdas tenaga surya untuk mengatasi kekeringan pertanian cabai di Blitar selatan, karya tulis ini memberikan suatu gagasan teknologi renewable energi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat umum di bidang pertanian. Ucapan terimakasih kami haturkan kepada kedua orang tua kami,para guru kami,dosen pembimbing,dan teman-teman seperjuangan mahasiswa Teknik elektronika dan Telekomunikasi PENS.Karya kami berisi gagasan suatu sistem kontrol irigasi dengan teknologi sel surya yang membantu petani cabai di pegunungan blitar selatan dalam menghadapi paceklik dan kekeringan.

Kami sangat prihatin dengan kondisi pertanian di indonesia , seolah kutukan sumber daya alam dari judul tesis kutukan sumber daya yang pertama dipakai Richard Auty tahun 1993 untuk menjelaskan bagaimana negara-negara yang SDA-nya berlimpah tidak mampu memanfaatkan kekayaan tersebut untuk mendorong ekonomi mereka telah menimpa indonesia. Dalam hal ini kurangnya pemanfaatan teknologi menjadi jawaban atas segala masalah di negeri ini.

Bahan bakar fosil semakin habis dan sebentar lagi Indonesia akan menjadi pengimpor BBM. Beban kerugian yang disangga bangsa Indonesia semakin berkali lipat dengan naiknya harga BBM di pasaran dunia sampai lebih dari 60 dollar AS per barrel. menyebabkan naiknya inflasi,pada tahun 2013 inflasi mencapai 9 persen hal ini disebabkan kenaikan harga BBM subsidi, selain itu juga disebabkan kenaikan harga pangan seperti cabai.

Untuk mengatasi kerugian akibat kenaikan harga BBM tersebut, sebenarnya pemerintah telah melakukan langkah-langkah penghematan dengan cara mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2005. selain itu pemanfaatan teknologi renewable energy dalam pertanian sangat penting untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan produksi sehingga dapat menstabilkan harga bahan pangan di pasaran.

Seperti pepatah tida gading yang tak retak ,masih banyak inovasi dan perbaikan atas karya kami,semoga karya kecil 3 mahasiswa yang ingin menyumbangkan pemikirannaya untuk negara ini menjadi oase ata atas masalah krisis energy di tanah air tercinta indonesia merdeka. bukan merdeka dari penjajah tapi merdeka dari kebodohan ,amin.

cuplikan kata-kata diatas adalah kata pengantar makalah yang saya buat dalam rangka mengikuti lomba karya tulis ilmiah innovation technology (INTEC) DI Universitas Negeri Yogjakarta.
untuk download makalahnya silakan klik link dibawah ini
download makalah

Posted on March 24, 2015, in Elektronika, Inovasi Teknologi, Karya Ilmiah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: