Membuat Coller Harddisk sendiri

Membuat Coller Harddisk sendiri

Untuk menekan temperature dan membuat awet harddisk, mulailah memikirkan harddisk untuk bekerja pada temperature yang stabil. Pemecahan untuk membuang panas harddisk adalah dengan mendinginkan, sehingga umur harddisk dapat bertahan lebih lama. Tips ini meniru dari pendingin harddisk yang banyak dipasaran seperti merek coller KingKong yang memiliki 2 fan untuk mendinginkan harddisk. Harddisk cooler sebenarnya dapat dibuat sendiri dan tergantung kreatifitas pembuatannya. Membuat Coller harddisk mudah saja. Kami membedah sebuah produk cooler harddisk yang dilihat dari strukturnya cukup mudah ditiru.

Pada panel depan hanya terdiri dari plastic dan cover casing yang memang didisain untuk menempatkan 2 fan pada panel depan.

 

 

 

 

 

Pada sisi dalam terlihat 2 fan yang dihubungkan secara paralel dan power diambil dari power supply.

 

 

 

 

 

Pada cover penutup di proteksi denga busa anti debu, yang fungsinya untuk menahan kotoran yang tersedot oleh fan. Teori yang satu ini agak sulit, karena mengunakan cover penutup yang sudah didisain oleh pembuatnya.

 

 

 

 

 

 

Menghubungkan Fan secara Paralel

Dimulai dengan membuat rangkain untuk fan yang dibuat paralel. Power dapat diambil langsung dari power supply computer dan mengambil dari kabel kuning (+12) untuk positive dan kabel hitam (-12) untuk negatif. Untuk membuat seri fan pada pembuatan coller harddisk sendiri, sebaiknya sudah mengetahui lebih dahulu untuk power DC plus dan minus pada 12 volt. Bila terjadi salah pasang, hal hal yang tidak diinginkan dapat terjadi (akan merusak power supply). Sebaiknya untuk menseri fan, dapat ditanyakan pada mereka yang sudah berpengalaman dibidang ini. Dibawah ini adalah ilustrasi mengabungkan fan untuk coller harddisk. Untuk mengabungkan fan dapat digunakan power glue..

 

 

 

 

 

 

Pembuatan cara 1

Bahan yang diperlukan

  • Cover Casing bekas
  • Solder listrik
  • Bor listrik (bila ada)
  • 2 atau 3 fan 12 Volt (makin besar ampere makin baik)
  • Power glue
  • Connector power (bekas juga bisa)

Pertama buat pola pada cover plastik casing , dan tandai untuk melubangkan dengan spidol. Membuat pola sebaiknya dibuat dengan desain lubang yang besar dan banyak untuk mencapai masukan udara semaksimal mungkin. Pola juga berguna untuk merapikan hasil pembentukan lubang pada cover plastik casing sehingga bentuknya tidak amburadul.

 

 

 

 

 

Buat pola merata sehingga lubang pada cover casing cukup untuk udara masuk. Semakin besar dan semakin rapat lubang yang dibuat, akan memudahkan fan mendorong udara kedalam casing.

 

 

 

 

 

Gunakan solder panas pada pola plastik casing sehingga mudah di-bor dengan mata bor listrik. Dapat juga mengunakan panas solder listrik sehingga lubang , tetapi dengan solder listrik membuat pernukaan tidak terlalu bagus dilihat, karena banyaknya lubang yang tidak sama rata serta lelehan dari solder listrik malah menjadi tidak terlalu bagus dilihat. Sebaiknya mengunakan bor listrik sehingga lubang lebih merata dan bagus dilihat.

 

 

 

 

 

Pergunakan Cutter untuk menghaluskan hasil dari lubang bor listrik, dan buang sisa bor yang masih menempel pada lubang plastik casing.

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, tempelkan fan pada plastik cover casing dengan lem power glue. jangan membiarkan kabel terbuka. Fatal untuk power dan seluruh isi computer karena akan menyebabkan korsleting. Ingat, seluruh casing terkadang telah berisikan power negatif dari power supply, bila ada kabel positif terbuka dan menempel pada casing akan menyebabkan korsleting.

 

 

 

 

 

Selanjutnya Tempelkan cover plastik pada panel depan casing dan proses pembuatan cooling harddisk sudah selesai. Pasang power pada socket power casing ke fan, dan semoga harddisk anda selalu dingin.

 

 

 

 

 

 

cara 2

Bahan yang diperlukan

  • Breaket Casing drive bekas
  • Solder listrik
  • 2 atau 3 fan 12 Volt (makin besar ampere makin baik)
  • Power glue
  • Connector power (bekas juga bisa)

Pembuatan cara ke 2 lebih mudah dari cara 1, karena tidak diperlukan bor untuk melubangi breaket drive

 

 

 

 

 

Cukup dengan menempelkan fan didepan panel breaket diskdrive. Sedikit masalah pada ketinggian fan dengan slot pada casing computer. Fan akan lebih tinggi dari tepi atas breaket sekitar 2 mm. Untuk memecahkan masalah ini dapat dilakukan pemotongan pada fan sehingga tidak lebih tinggi dari breaket diskdrive. Gunakan amplas untuk memotong ketinggian Fan pada sisi atas dan bawah. Atau memotong bawah breaket diskdrive agar fan dapat tepat sama tinggi dengan breaket diskdrive. Atau beli fan yang berukuran lebh kecil dengan resiko menurunnya udara yang akan dimasukan kedalam casing.

 

 

 

 

 

Cara terakhir ini lebih mudah dari cara pertama dan hasil dari flow udara yang masuk kedalam untuk pendingin harddisk sangat maksimal. Udara yang hisap oleh fan masuk kedalam casing juga dapat mendinginkan CD-rom dan harddisk lain. Untuk mengandakan hasil dari pembuatan coller harddisk sebaiknya benar benar memilih fan yang bagus. Jangan asal berputar tetapi lihat flow udara yang dapat dihasilkan.

 

 

 

 

 

Kerugian cara terakhir adalah debu dapat masuk dalam casing dan mengotori harddisk. Disarankan untuk rajin membersihkan, dan memang ruang pada fan dengan lubang breaket terlalu sempit bila diletakan spon (busa) untuk menyaring udara yang masuk. Tapi masalah ini tidaklah fatal, cuma kotor kok. Asal rajin rajin membersikan, didalam casing akan tetap terjaga.

Posted on December 4, 2010, in Hardware. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: