menginstall P4 Socket LGA775 socket

P4 Socket LGA775 berbeda dengan disain generasi CPU sebelumnya. Pada socket P4 dan pin P4 baik generasi Northwood dan Willamete CPU mengunakan kaki CPU yang menempel pada bagian bawah CPU dan dikenal dengan socket mPGA 478.  

Tetapi pada P4 Socket LGA775, Intel menghilangkan pin yang menempel pada socket. Disebut LGA maka CPU tidak lagi memiliki pin dan dipindahkan pada bagian socket pada mainboard.

Berita mengenai banyaknya kerusakan P4 Socket LGA775 memang perlu diwaspadai. Gosipnya, perusahaan mainboard menerima hampir 25% dari model socket LGA cacat. Mengapa hal ini terjadi, karena halusnya dari kaki socket membuat socket LGA775 sangat rentan dan mudah rusak. Selain memerlukan cara pemasangan yang benar, sedikit saja pergeseran dari socket LGA ini dapat membuat CPU tidak dapat bekerja.

Untuk itu kami membahas sebelum dimulainya era socket LGA775 dari Intel. Dan pemakai dapat memperhatikan hal hal penting bagaimana cara pemasangan socket tersebut.

Berubahnya petunjuk sisi CPU

Pada Intel P4 jenis Northwood, petunjuk arah pemasangan ditandai dari pin atau kaki CPU yang dihilangkan. Bila terjadi salah pasang, CPU tidak dapat dipasang pada socket.

Untuk P4 Socket LGA775 petunjuk ditempatkan pada sisi CPU. Dengan dua lubang pada sisi CPU yang nantinya akan ditempelkan pada bagian atas socket LGA775

CPU without pin

Dibawah ini adalah gambar dari P4 Socket LGA775. Dibedakan pada bagian bawah CPU yang tidak memiliki kaki.

P4 Socket LGA775

Pada Socket LGA775 terdiri dari 4 bagian:

  • 1. Bagian cover CPU. Bagian ini sebaiknya ditutup agar terhindar dari kotoran yang masuk bila socket tidak digunakan.
  • 2. penutup dari bahan stainless. Penupang ini berfungsi 2 yaitu sebagai penjepit CPU ke bagian kaki socket dan penahan CPU agar tidak bergeser.
  • 3. Adalah penjepit
  • 4. Kaki P4 Socket LGA775

Detail P4 Socket LGA775

Pada gambar dibawah ini adalah untuk memperjelas bagaimana disain dari P4 Socket LGA775. Pin dari socket sangat halus dan rentan.

Fragile socket. Kenapa disebut demikian. Bila CPU mengunakan pin besar kerusakan pada pin CPU tentunya, dimana kaki CPU menjadi bengkok dan harus secara hati hati dikembalikan ke posisi semula. Tetapi anda lihat pada bagian dibawah ini. Pada detail dibawah ini terlihat pin socket sangat unik. Kaki CPU tidak lagi dipasang secara vertikal, tetapi sedikit miring berlawanan arah dari penjepit bagian atas. Pin socket LGA775 sangat rentan bisa saja rusak secara tidak disengaja. Ada baiknya pada pemasangan CPU untuk tidak menekan dan cukup meletakan CPU diatas socket.

Flip Socket LGA775

Selanjutnya setelah memasangkan CPU diatas socket, perhatikan lubang CPU sudah diposisikan dengan benar. Anda tidak perlu menekan CPU karena nantinya akan dikerjakan oleh penutup socket.

Tutup bagian atas socket dan putar tuas kearah dalam agar penutup socket menekan tepian tengah CPU. Fungsi tuas penjepit adalah menekan tutup socket agar menahan CPU tidak bergerak lagi dan secara tepat penutup menekan pada 2 sisi ditengah tepian CPU Prescott. Pada posisi ini CPU sudah siap dipasangkan heatsink.

Power pin juga berbeda

Info ini untuk sementara, pada model sampel board tersebut memiliki pin power 24 pin. Sedangkan model ATX hanya memiliki 20 pin power. Power supply ATX masih dapat digunakan, bila pada mainboard memiliki jack power untuk molex 12/5volt. 4 pin yang dihilang nantinya dapat digantikan pada jack power molex tersebut

Dibawa ini adalah jack power male molex yang mengantikan 4 pin yang hilang bila mengunakan power supply jenis ATX

Benar tidaknya i915P dapat mengunakan DDR667

Secara resmi untuk dukungan i915P hanya dapat mengunakan DDR533 atau PC2-4300. Tetapi pada tampilan BIOS mainboard i915P tersebut, memilik option untuk pemakaian DDR2-4300 atau DDR667. Mungkin saja Intel telah menyiapkan CPU dengan kecepatan 2X667Mhz atau 1066Mhz. Atau pertanyaan lain, i915P memang dapat bekerja dengan DDR2-667. Hal ini yang belum dapat terjawab pada artikel pengenalan Socket LGA775

Masalah panas pada Prescott

Untuk awalnya Intel memperkenalkan Prescott dengan tipe step D0. Untuk produk resminya pada tanggal 27 Juni maka terdapat perubahan step dari D0 menjadi E0.

Pada pengujian suhu Prescott 2.8Ghz (14X200Mhz) tipe D0 dimulai pada 42 deg.C dalam kondisi Idle. Dan naik menjadi 51 deg.C pada kondisi load mengunakan Prime stress software. Intel mengemukakan bahwa tipe step E0 akan bekerja lebih dingin.

Kesimpulan untuk kemajuan Intel dengan Socket LGA775

Socket LGA775 adalah sebuah disain socket unik. Socket P4 untuk Prescott memang rentan mengalami kerusakan disamping disain yang cukup canggih. Rumor lain, untuk socket LGA775 akan mulai melemah bila dibuka pasang sebanyak 10 kali. Tapi ini cuma rumor, yang pasti socket LGA775 adalah socket baru yang harus dikenal lebih lanjut.

Sedikitnya pembaca telah mengetahui bagaimana cara memasang socket LGA775 pada CPU Prescott. Dan mengetahui dimana tingkat kesulitan pemasangan socket jenis tersebut agar tidak terjadi salah pasang. Karena sekali saja pin tembaga pada socket LGA775 miring atau salah satu pin mengalami patah. Board dipastikan tidak akan bekerja.

Posted on December 1, 2010, in Hardware. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: