Merangkai Bel Listrik Sederhana

artikel ini saya dapat dari tugas elektromagnet teman saya,mas gilang dkk. di politeknik elektronika negeri surabaya,silakan dibaca dan semoga bermaanfaat:

Merangkai Bel Listrik Sederhana

Berangkat dari tugas kuliah mengenai pemberdayaan media belajar IPA yang dikerjakan secara kelompok, akhirnya saya dan beberapa rekan kelompok mulai mencoba membuat media belajar dalam bidang IPA yaitu bel listrik.
Media ini digunakan sebagai media belajar atau alat bantu belajar bagi siswa SMP kelas IX. Melalui media ini harapan kedepannya siswa dapat belajar secara aktif melalui perkembangan pola pikirnya dalam memahami prinsip kerja bel listrik sebagai bekal awal penemuan konsep dasar dari sesuatu yang dipelajarinya.
Sehingga diharapkan siswa tidak hanya belajar melalui teori saja yang secara klasiknya bersifat “semu” hingga mengakibatkan siswa terpaksa harus menghafal huruf demi huruf, melainkan juga memberi kesempatan kepada mereka untuk belajar secara “nyaman” sesuai kemampuan mereka masing–masing, tentunya dengan bimbingan guru bidang studi sebagai fasilitator dan motivator.

Berbekal buku Science Plus Technology and Society yang saya dapatkan sewaktu SMA, saya menemukan sedikit petunjuk mengenai perangkat bel listrik sederhana beserta cara pembuatannya. Jika melihat definisi yang beredar di berbagai sumber informasi, barangkali saya mendefinisikan bel listrik sebagai suatu alat yang mampu menghasilkan suara dari adanya perubahan energi listrik menjadi magnet (yang nantinya menimbulkan energi gerak yang berfungsi sebagai sumber pelaku timbulnya suara).

untuk melanjutkan silakan download artikelnya disini:Merangkai Bel Listrik Sederhana

download juga referensi makalahnya disini:Bel Listrik

Posted on January 11, 2013, in Elektromagnet, Elektronika, Hardware, Tips dan Trik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment